Asuransi Jiwa, buat apa?

 

Pernahkah Anda melihat di sekitar Anda, suatu keluarga yang sebelumnya cukup mewah gaya hidupnya, mendadak ‘turun gaya’ akibat si ayah meninggal dunia? Keluarga yang ditinggalkan terpaksa harus menurunkan gaya hidupnya akibat pemasukan yang jauh berkurang. Hmmm… Kalau gaya hidup mungkin masih bisa diturunkan, bagaimana dengan kebutuhan hidup? Listrik, makan, biaya pendidikan anak, apakah bisa diturunkan biayanya?

 

Karena itulah Asuransi Jiwa dibutuhkan. Untuk memberikan penggantian pendapatan keluarga yang hilang akibat pencari nafkah meninggal dunia, sehingga gaya hidup maupun kebutuhan hidup tetap terjaga walaupun pencari nafkah telah tiada.

 

Karena itulah, sangat penting menghitung Uang Pertanggungan yang ideal. Ada beberapa metode yang digunakan oleh para perencana keuangan. Tetapi BlogPusatAsuransi punya rumus yang sangat sederhana dan dapat dihitung dengan mudah, yaitu hitung pengeluaran Anda dalam sebulan, dan kalikan dengan 60, yang artinya Anda menyiapkan Uang Pertanggungan untuk membiayai pengeluaran keluarga Anda dalam waktu 60 bulan ke depan jika harus meninggal dunia. Tentu angka ’60’ bukanlah patokan yang tetap. Anda dapat menghitung sendiri seberapa jauh Uang Pertanggungan asuransi jiwa dapat membiayai pengeluaran keluarga yang ditinggalkan. Angka 60 bulan adalah angka yang realistis untuk keluarga yang ditinggalkan menata kembali kehidupan dan mencari sumber pendapatan keluarga yang baru. Jangan lupa juga untuk memasukkan biaya-biaya ekstra seperti biaya masuk sekolah anak jika dalam periode 60 bulan ke depan ada rencana untuk anak masuk sekolah. Jika ingin lebih advanced, Anda dapat menambahkan faktor inflasi dalam beberapa waktu ke depan sehingga hasilnya lebih akurat.

 

Metode perhitungan di atas adalah yang paling simple, juga dengan perhitungan biaya premi yang paling masuk akal. Setiap tahun atau beberapa tahun Anda dapat juga melakukan upgrade Uang Pertanggungan sehingga lebih cocok dengan kondisi keluarga Anda di masa tersebut. Anda dapat memilih produk Term-Life, Whole-Life, maupun Unit-Link sesuai dengan kebutuhan dan keuangan Anda. Lain kali BlogPusatAsuransi akan membahas, produk mana yang cocok untuk Anda miliki sesuai dengan karakteristik Anda.

Share on FacebookTweet about this on TwitterShare on LinkedIn

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *